Tempatnya Les Pelajaran Tersimple
Home » » Ini Sebab Manusia Lebih Pintar dari Kera

Ini Sebab Manusia Lebih Pintar dari Kera

Written By Celebrity on Kamis, 28 Maret 2013 | 10.44

Mereka menemukan, materi putih (white matters) yang ada di bagian prefrontal cortex dan luasan bagian otak yang mengatur perencanaan gerak pada kera besar mengalami peningkatan sejak terpisah dari kelompok monyet tua (baboon dan lutung) sekitar 20 juta tahun lalu.
LONDON - Ukuran otak total ternyata bukan faktor yang membuat manusia lebih pintar daripada kelompok primata lainnya. Ukuran otak bagian tertentu lebih berperan.

Tim peneliti dari University College London menemukan, keistimewaan manusia terletak pada ukuran prefrontal cortex yang relatif besar dibanding jenis lainnya.

"Akhirnya kita bisa mengidentifikasi hal apa yang istimewa dari organisasi otak kelompok kera besar," kata Jeroen Smaers, pakar biologi evolusioner di University College London.

Ilmuwan melakukan penelitian pada potongan sampel otak dari 17 spesies primata yang eksis dalam jangka waktu hingga 40 juta tahun lalu.

Mereka menemukan, materi putih (white matters) yang ada di bagian prefrontal cortex dan luasan bagian otak yang mengatur perencanaan gerak pada kera besar mengalami peningkatan sejak terpisah dari kelompok monyet tua (baboon dan lutung) sekitar 20 juta tahun lalu.

Smaers menuturkan, peningkatan luasan bagian perencanaan gerak mungkin membantu kelompok kera besar mengatur gerakan kompleks yang dibutuhkan untuk merekayasa alat. Dengan demikian, kelompok primata itu lebih mudah mencari makanan.

Sementara, bagian prefrontal cortex berkontribusi dalam kesadaran sosial (social cognition), pertimbangan moral (moral judgements), introspeksi, dan perencanaan arah-tujuan.

"Bagian prefrontal cortex bertindak layaknya CEO dalam otak. Ia mengambil informasi dari bagian lainnya dan menyintesis informasi tersebut" kata Smaers sebagaimana dikutip Livescience, Selasa (26/3/2013).

Pola berbeda ditunjukkan oleh Gibbon dan monyet Howler. Bagian otak yang paling berkembang pada kedua jenis primata ini adalah bagian hippocampus yang berperan pada tugas spasial.

Faktor tersebut membuat Gibbon dan monyet Hawler terampil secara spasial dan dapat tinggal di berbagai kondisi lingkungan yang berbeda.

Antropolog dari George Washington University, Chet Sherwood, yang tidak terlibat penelitian, mengatakan, temuan Smaers dan koleganya tak hanya menunjukkan fakta mengenai peran penting prefrontal cortex, tapi juga menjelaskan bahwa bagian spesifik dari otak dapat berkembang secara selektif untuk memenuhi permintaan dari lingkungannya. 


sumber : kompas
Share this article :

Visitors

Cara Pembayaran

Pembayaran Bisa dilakukan Cash ditempat kursus, atau melalui transfer bank dibawah ini:

1. Bank Mandiri, No. Rekening : 1450004182149, Atas Nama: I Wayan Arjawa, S.T.

2. Bank BNI, No. Rekening : 0055157742, Atas Nama: I Wayan Arjawa, S.T.


Konfirmasi pembayaran menggunakan WA, Line atau SMS. DISARANKAN Konfirmasi via SMS ke 0852 5349 4669 dengan format sbb :

"Transfer (Nama Siswa Client) (JUMLAH TRANSFER) (BANK) (TANGGAL) (NAMA PEMILIK REKENING/PENGIRIM) (KETERANGAN)"

contoh SMS :
"Transfer JHON Rp.250.000 BNI 31/12/16 ICA SURICA utk pembayaran Les Pelajaran kls 6 SD bln Januari 2017"


Format SMS diatas BAKU agar tidak diubah urutannya.
Konfirmasi Transfer jam 8 Pagi sampai jam 9 Malam WIB, selain jam ini Bank melakukan updates.
Bila lebih dari 24jam anda belum mendapat balasan konfirmasi SMS, harap segera menghubungi nomor Telpon Billing
 
Support : Dre@ming Post | Dre@aming Group | I Wayan Arjawa, ST
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Excata - All Rights Reserved
Template Design by Dre@ming Post Published by Hot News Seventeen